Gubernur Lampung Sebut Perhatian Pemerintah Terhadap SMK Sangatlah Besar

Bagikan:

Indopostonline.id, Bandar Lampung – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, meresmikan Masjid Ar-Rahman dan Ruang Praktik Siswa (RPS) Kuliner di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Bandar Lampung.

Dalam sambutannya, Arinal menekankan pentingnya pendidikan yang tidak hanya menghasilkan SDM yang terampil dan kompetitif tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

Ia menyoroti pentingnya keselarasan antara Iman dan Taqwa (Imtaq) serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam proses pendidikan.

“SMK harus mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki etika dan moral yang baik, didukung oleh pengetahuan agama,” ungkap Arinal, Kamis (15/2/2024).

Arinal menerangkan, perhatian pemerintah terhadap Sekolah Menengah Kejuruan sangatlah besar.

Besarnya Anggaran yang Dialokasikan

Hal ini diwujudkan melalui besarnya anggaran pemerintah yang dialokasikan untuk pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan.

Anggaran tersebut untuk bantuan Ruang Kelas Baru (RKB), Ruang Praktik Siswa (RPS), SMK Rujukan, SMK Pariwisata dan banyak lagi bidang-bidang lain.

Untuk keselarasan yang komprehensif dalam pendidikan vokasi, Pemerintah Provinsi tidak hanya mengembangkan sarana dan prasarana atau fasilitas.

Namun juga tanggap, dalam mengembangkan ekosistem pendidikan vokasi guna melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing tinggi, melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK.

“Alhamdulillah, sebanyak 16 dari 111 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Provinsi Lampung resmi berstatus Badan Layanan Umum Daerah. Salah satunya adalah SMKN 4 Bandar Lampung,” jelas Arinal.

Keputusan ini diterbitkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Lampung No. G/242/VI.02/HK/2023, tentang Penetapan 16 SMKN pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung sebagai Perangkat Daerah Provinsi Lampung yang menerapkan Badan Layanan Usaha Daerah.

Melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK, Arinal berharap, sekolah mampu mengimplementasikan keselarasan model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa), melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca juga:  FJTV Gandeng Siswa SMK BLK Menjadi Agen Pelopor Perdamaian Antar PelajarĀ 

“Serta benar-benar menjadi wadah simulasi industri bagi peserta didik untuk dapat mengasah kompetensinya serta melahirkan berbagai produk-produk unggulan yang layak untuk dipasarkan di masyarakat,” disampaikan Gubernur.

Arinal menilai, lingkungan pendidikan akan terasa lengkap apabila memiliki tempat yang mendukung warga sekolah untuk melakukan ibadah yaitu masjid.

“Dibangunnya masjid yang berada di lingkungan SMKN 4 Bandar Lampung, merupakan upaya menjadikan pribadi siswa yang baik dalam kehidupan sehari-harinya dan menjadi pribadi yang positif dalam lingkungannya,” paparnya.

Kemajuan Pendidikan

Keberadaan masjid bisa bermanfaat sebagai laboratorium untuk pembinaan dan pendidikan agama bagi siswa di sekolah.

Juga diharapkan dapat membentuk pondasi keagamaan yang kuat dan baik supaya para siswa tidak hanya pandai pada otaknya, tetapi juga hati dan akhlaknya.

Gubernur Arinal juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi Lampung juga berupaya memberikan perhatian terhadap Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Pendidik dan Pengawas yang telah mengharumkan nama Provinsi Lampung dalam ajang lomba prestasi, baik yang bersifat individu maupun atas nama satuan pendidikan di tingkat Provinsi maupun di Tingkat Nasional.

Bentuk apresiasi yang diberikan Pemerintah Provinsi Lampung, berupa Piagam Penghargaan sebagai bentuk motivasi diri maupun Lembaga Satuan Pendidikan, agar kedepan Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan dan Pengawas berlomba-lomba meningkatkan prestasinya demi kemajuan Pendidikan di Provinsi Lampung. (RDN)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *